PBB Mampu Tumbuhkan Karakter Positif Pada Siswa

TVTABALONG.COM ā€“ Kegiatan peraturan baris berbaris, ternyata ternyata mampu menumbuhkan banyak karakter positif pada siswa. Hal tersebut didasari atas latihan PBB, yang menuntut siswa untuk disiplin, mandiri dan mampu bekerjasama dengan timnya.

Peraturan baris berbaris, menjadi salah satu kegiatan yang hampir ada di setiap sekolah, baik di tingkat sekolah lanjutan atas, sekolah lanjutan pertama, bahkan sekolah dasar. Kegiatan PBB dianggap mampu menumbuhkan karakter positif pada siswa.

Karakter positif siswa dari mengikuti kegiatan PBB, tumbuh dari latihan olah gerak ini, yang menuntut para pesertanya harus disiplin, dan mampu bekerjasama dengan rekannya.

Seperti yang dijelaskan salah seorang pelatih PBB, Septriani. Menurutnya mengikuti PBB dapat menumbuhkan kedisiplinan dan memperkuat kebersamaan antar rekan satu tim.

Salah seorang siswa SMP, Saifulah mengakui dirinya senang menggeluti kegiatan peraturan baris berbaris. Selain dapat bertemu dengan teman-teman yang memiliki kegemaran yang sama, ia juga memiliki kepuasan tersendiri mengikuti kegiatan seni gerak ini.

Berangkat dari dampak positif inilah, Dinas Pendidikan Tabalong rutin menggelar lomba peraturan baris-berbaris, terutama menjelang hari kemerdekaan. Seperti yang dikatakan kepala seksi perserta didik dan pembangunan pendidikan karakter bidang SMP Hasbi, kegiatan peraturan baris-berbaris ini sengaja menjadi kegiatan rutin, untuk membnetuk karakter positif siswa.

Hasbi menambahkan, melalui kegiatan PBB ini anak didik dapat dapat mempertebal semangat patriotisme dan kebersamaan. Selain itu membentuk jasmani yang tegas dan tangkas.

Normansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: