Paslon Tidak Boleh Kampanye di Hari-Hari Tertentu

Tahapan kampanye Pilkada Tabalong 2018, yang  awalnya berlangsung dari 15 februari hingga 23 juni 2018, mengalami perubahan. Sesuai hasil rapat  Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kalimantan Selatan bersama Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Tabalong, yang menetapkan pasangan calon, tidak boleh melakukan kampanye, pada hari-hari tertentu.

Sebelum mamasuki tahapan kampanye pilkada 2018, KPUD Tabalong, telah membuat surat keputusan mengenai  jadwal serta lokasi kampanye keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati  Tabalong. Pelaksanaan kampanye yang dilaksanakan selama 128 hari tersebut, ternyata terdapat sembilan hari diantaranya bertepatan dengan, hari besar keagamaan atau hari libur nasional.

Berdasarkan peraturan KPU No 4 tahun 2017,  untuk menjaga  dan menghormati masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah keagamaan, panitia pengawas pemilu Tabalong, memberikan rekomendasi kepada komisi pemilihan umum, untuk menyampaikan kepada empat pasangan calon bupati dan wakil bupati Tabalong, agar tidak melaksanakan kampanye di hari yang telah ditentukan.

Baca Juga : Cek Daftar Pemilih Sementara di Situs KPU Ini

Panwaslu juga merekomendasikan kepada KPUD Tabalong, untuk dapat merevisi keputusan KPU Nomor 23 tahun 2018, tentang  penetapan jadwal kampanye pasangan calon, dengan melakukan penghapusan jadwal, serta tanggal yang bertepatan dengan hari besar keagamaan atau, hari libur nasional.

sementara komisioner KPUD Tabalong, Irisandy menjelaskan, saat ini rekomendasi yang dikeluarkan oleh panwaslu, terkait revisi keputusan tentang jadwal kampanye, masih dalam tahap proses perubahan, keputusan tersebut nantinya akan dilakukan revisi setelah mendapat hasil pleno yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Adapun hari yang ditetapkan panwaslu, untuk tidak melaksanakan kampanye oleh pasangan calon, yaitu hari wafat Isa Al-Masih, hari paskah, Isra Mirraj Nabi Muhammad SAW, hari buruh internasional, kenaikan Isa Almasih, hari raya waisak, hari lahir Pancasila, dan hari raya Idul Fitri 1439 hijriyah , 15 hingga 16 juni 2018. (tvtabalong.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: