Parpol Dilarang Kampanye Sebelum Tanggal yang Sudah Ditetapkan

Partai politik peserta pemilu 2019, dilarang melakukan kampanye sebelum tanggal yang sudah ditetapkan 23 september 2018. Hal ini sesuai dengan peraturan komisi pemilihan umum nomor 7 tahun 2018.

Berdasarkan undang-undang nomor 7 tahun 2017, dan peraturan komisi pemilihan umum nomor 7 tahun 2017, tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan partai politik. Partai politik tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas kampanye sebelum tanggal yang telah ditetapkan pada 23 september 2018 .

Selama masa jeda sekitar 7 bulan sebelum masa kampanye, setiap partai politik hanya diperbolehkan menggelar sosialisasi internal. serta hanya diperbolehkan mensosialisasikan partai politiknya, bukan calon legislatif dari partai politiknya.

Baca JugaCek Daftar Pemilih Sementara di Situs KPU Ini

Hal ini dianggap berat, oleh salah satu partai baru  peserta pemilu 2019, ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia, Akhmad Rifani mengatakan, peraturan seperti itu membuat pergerakan partainya menjadi dibatasi, sehingga partai tidak dapat melakukan sosialisasi lebih luas.

Meski sosialisasi tersebut hanya diperbolehkan secara internal, tetapi dengan waktu yang sudah ditentukan, partai politik dianggap mempunyai waktu  cukup panjang, untuk mensosialisasikan partai politiknya.

Tidak ada perbedaan jangka waktu sosialisasi, bagi partai peserta pemilu 2019, parta lama maupun partai baru, sama-sama memiliki waktu yang sama dalam mensosialisasikan partainya.(tvtabalong.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: