Panwaslu Buka Pos Pelaporan Bagi Warga Yang Tidak Masuk DPS Pilpres dan Pileg 2019

TVTABALONG.COM – Komisi Pemilihan Umum Tabalong telah menetapkan daftar pemilih sementara pemilihan legislatif dan presiden tahun 2019, pada rapat pleno 17 Juni lalu. Namun KPU tetap membuka pendaftaran kembali bagi warga yang belum termasuk dalam daftar pemilih sementara atau DPS. Dalam hal ini, Panwaslu juga membuka pos pelaporan bagi masyarakat, apabila tertingal masuk ke dalam daftar pemilih sementara.

166.635 warga Tabalong terdaftar dalam daftar pemilih sementara pemilu 2019. Jumlah DPS tersebut ditetapkan KPU Tabalong melalui rapat pleno yang digelar 17 Juni lalu. Dan warga dapat melihatnya di masing-masing kecamatan dan desa setempat.

Kendati daftar pemilih sementara ditetapkan, namun masyarakat yang tertinggal dapat melaporkan dirinya kepada petugas panitia pemilihan tingkat kecamatan maupun di kelurahan. Warga pun cukup menunjukkan Ktp elektronik, sehingga dapat memasukan ke dalam DPS perbaikan.

Komisioner Panwaslu Tabalong, Fahmi Failasopa mengatakan, selain dapat melaporkan diri kepada petugas panitia pemilihan tingkat kecamatan maupun di kelurahan, pengawas pemilu di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun tingkat kelurahan dan desa, juga membuka pos pengaduan bagi masyarakat tertinggal, atau belum masuk kedalam daftar pemilih sementara yang ditetapkan oleh KPUD Tabalong.

Selain itu, Fahmi mengimbau masyarakat agar mengecek daftar pemilih sementara, yang sudah ditempelkan oleh petugas panitia pemilihan, ditempat strategis di masing-masing wilayah, untuk segera laporkan apabila masih belum termasuk dalam DPS ,agar hak pilih dapat diakomodir.

Sementara itu, terkait tahap tanggapan dan masukan masyarakat untuk perbaikan daftar pemilih sementara ini, Panwaslu membuka posko pengaduan dari 8 Juli hingga 21 Juli mendatang.

(Haris Muhazir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: