Paliat Ludes Diburu Pengunjung Pada Festival Budaya Pasar Terapung 2018

TVTABALONG.COM – Makanan khas Tabalong berupa paliat dan bingka kacung, menjadi buruan pengunjung di Festival Wisata Budaya Pasar Terapung. Pengunjung yang mencoba makanan tersebut mengakui, paliat dan bingka memiliki rasa yang khas dan cocok di lidah masyarakat Banjar.

Stand Tabalong, di acara festival budaya, menyediakan penganan khas daerah seperti paliat dan bingka kacung, yang diberikan gratis pada pengunjung stand. Selama tiga hari penyelengaraan acara, penganan paliat dan bingka kacung selalu habis diburu pengunjung, yang umumnya bukan masyarakat Tabalong.

Gangan paliat sudah populer di kalangan masyarakat Tabalong. Karena rasanya yang lezat dan gurih, serta berbahan baku panganan lokal yang mudah didapat masyarakat.

Salah seorang pengunjung stand Tabalong, Samsu Rizali menuturkan, apabila ke Tabalong, ia pasti menyempatkan diri untuk menyantap paliat. Karenakan menurutnya paliat sulit ditemui di daerah lain.

Senada dengan Samsu, Dahlia mengatakan, selalu menanti kesempatan untuk bisa menyantap paliat. Karena ia menilai penganan paliat memiliki rasa yang enak dan unik.

Paliat sendiri memiliki ciri khas berwarna kuning, berkuah santan dan bumbu kunyit, dengan aroma limau kuit, di tambah ikan gabus, ikan baung, ataupun udang galah. Menyantap paliat akan lebih nikmat ditemani sambal, dan lalapan daun singkong.

Syarif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: