Pagelaran Seni Jelang Sambut HUT RI ke 73, Tampilkan Musik Tradisional Hingga Vokal Grup

TVTABALONG.COM – Banyak cara untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Salah satunya seperti yang dilakukan Dinas Pendidikan Tabalong, dengan menggelar pentas seni bertajuk merah putih. Pagelaran yang menampilkan berbagai kegiatan seni tersebut, dimanfaatkan sebagai wadah untuk mengasah kreatifitas pegiat seni di Tabalong.

Sejumlah sanggar seni berpartisipasi pada pentas seni bertajuk merah putih, yang diselenggarakan Dinas Pendidikan, rabu malam lalu di Tanjung. Pentas seni ini diselenggarakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73.

Pagelaran seni kali ini, menampilkan bermacam tarian kesenian tradisional, seperti menyanyi solo dan grup, serta musik tradisional yang bertujuan untuk menghibur masyarakat, serta mempopulerkan seni dan budaya yang ada di Tabalong.

Total ada sembilan penampil, salah satunya ialah tarian syukuran dari Sanggar Tatau Tarau. Sanggar ini menjadi juara pertama lomba kategori tari kreasi pedalaman, pada ajang Tabalong Ethnic Festival lalu.

Kepala bidang kebudayaan Dinas Pendidikan Tabalong, Masdulhaq Abdi menuturkan, selain untuk menghibur masyarakat, kegiatan yang rutin diadakan tiap tahun menjelang hari kemerdekaan kali ini, juga sebagai tempat penggiat seni budaya untuk berkreatifitas dan menyalurkan bakat mereka.

Masdulhaq menambahkan, saat ini pegiat kebudayaan di Tabalong berkembang pesat. Hal itu dibuktikan dengan adanya penambahan sanggar yang dibina Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dari tahun 2017 lalu hanya ada 20 sanggar, dan tahun 2018 ini, bertambah menjadi 30 sanggar yang dibina.

Syarif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: