Padi Gogo Belum Maksimal, Begini Rencana Pemkab Tabalong

TVTABALONG.COM – Pengembangan padi gogo atau padi gunung varietas unggul di Tabalong, ternyata memiliki peluang besar. Namun sayangnya, dari 80 hektar lahan yang dimiliki Tabalong untuk tanaman padi gogo, hasilnya masih belum maksimal. Sehingga, pemerintah Tabalong akan menggandeng lembaga penelitian Jakarta, untuk memetakan permasalahan yang terjadi.

Tahap awal penelitian pengembangan padi gogo di Tabalong, rencananya dilakukan di lahan varietas unggul seluas 20 hektar. Penelitian yang bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, LIPI Jakarta tersebut, dimulai pada musim tanam atau sekitar awal musim penghujan mendatang.

Menurut kepala Dinas Pertanian Tabalong, Johan Noor Effendi, penelitian tersebut bertujuan memetakan permasalahan padi gogo di Tabalong. Pasalnya, Tabalong memiliki potensi besar dalam upaya mengembangkan padi gogo atau padi gunung.

Hingga kini saja, lahan sawah kering di tabalong mencapai 80 ribu hektar. Namun sayangnya, luasan lahan tersebut tidak sebanding dengan hasil pertanian padi yang diperoleh. Yaitu hanya sekitar 3 ton perhektarnya.

Selain pemetaan masalah pengembangan, penelitian nantinya juga dimanfaatkan untuk menciptakan padi gogo atau padi gunung varietas baru. Yaitu dengan cara mengawinkan varietas lokal dengan varietas unggul yang dibawa LIPI Jakarta.

(Hendriyani)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: