Oktober, Dinas Sosial Terapkan Sistem Layanan & Rujukan Terpadu, Ini Fungsinya

Kepala Dinas Sosial Tabalong, H. Yuhani


TVTABALONG.COM – Sebanyak 50 orang fasilitator di bawah binaan Dinas Sosial, mengkuti peningkatan kapasitas pelaksana Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu atau SLRT, di Pendopo Bersinar pada selasa (25/9/2018) lalu. Pelatihan diberikan  Dinas Sosial bersama perwakilan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

SLRT merupakan program dari kementerian sosial yang didukung oleh pemerintah daerah, untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin, yang nantinya digunakan untuk mencocokkan bantuan atau layanan sosial, sesuai dengan kebutuhan.

Terbaru : 

Untuk mendata kebutuhan penerima manfaat, pemerintah daerah akan menugaskan 1 orang fasilitator yang berasal dari warga di tiap desa dan kelurahan di Tabalong, dengan total 131 orang fasilitator.

Fasilitator nantinya mendata tiap keluarga miskin dan rentan miskin mengacu dari basis data terpadu, yang ada di dalam tablet yang dibagikan oleh pemerintah daerah.

Kepala Dinas Sosial, Yuhani mengharapkan, dengan adanya sistem layanan dan rujukan terpadu ini, pemerintah bisa memberikan bantuan kepada penerima manfaat agar lebih tepat sasaran.

Pemerintah Tabalong pun  rencanya mulai menjalankan sistem ini dari 1 Oktober 2018, diawali dengan memvalidasi data penduduk miskin dan rentan miskin, di tiap desa dan kelurahan di Tabalong oleh masing-masing fasilitator.

Sherly Nova Arianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: