Oknum Pemasaran PT ATM Yang Dilaporkan, Sempat Berangkatkan Jamaah

TVTABALONG.COM- Oknum pemasaran PT Arafah Tamasya Mulia (ATM) yang sempat dilaporkan ke kepolisian, ternyata  sempat memberangkatkan belasan jama’ah umrah  asal Tabalong. Bahkan satu orang diantaranya diberangkatkan secara gratis melalui undian umrah.

Ialah Parhani, pria yang mendapat jatah berangkat umrah secara gratis pada 7 Mei lalu, dari  PT Arafah Tamasya Mulia. Umrah selama 9 hari yang dijalani Parhani, merupakan hasil undian umrah gratis saat sosialisasi PT ATM bulan maret lalu.

Awalnya Parhani bersama 15 jamaah lainnya dijanjikan HS, oknum pemasaran PT ATM, untuk berangkat umrah pada 27 april 2018. Namun mereka batal berangkat, dengan alasan PT ATM belum memiliki izin resmi.

Para jamaah pun kembali dijanjikan HS berangkat pada 10 mei, melalui biro perjalanan lain. Dengan syarat menambah kekurangan biaya sebesar Rp 4,5 juta, dari biaya sebelumnya Rp 16 juta.

Sebelum 10 mei, Parhani kembali dihubungi HS yang memajukan perjalanan mereka ke 7 mei 2018. Akhirnya dari 16 orang yang dijanjikan, hanya 12 orang yang berangkat. Sedangkan 4 lainnya batal.

Sementara itu saat dikonfirmasi , kepala seksi penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, H Nabhan Fanshuri mengimbau kepada masyarakat untuk tidak tergiur dengan umrah berbiaya murah. Pasalnya pemerintah menetapkan standar biaya minimum ibadah umrah yakni 20 juta rupiah.

Nabahan menambahkan, hingga kini Kementerian Agama Tabalong hanya sebatas pemberian informasi agen perjalanan yang resmi. Sedangkan pengawasan dan penindakan, merupakan wewenang kemenag provinsi dan pusat.

(Muhammad Rais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: