Musim Kemarau, Hampir Tiap Hari Peternak Dapati Ikan Mati di Keramba

TVTABALONG.COM – Musim kemarau berdampak buruk, pada sejumlah budidaya perikanan di Tabalong. Para peternak ikan mengakui, hampir setiap hari mendapati ikan yang mati di keramba mereka.

Memasuki musim kemarau debit air sungai di Tabalong mulai surut. Hal ini berdampak terhadap peternak ikan, terutama peternak ikan keramba di sungai.

Seperti ikan yang ada di keramba milik Bumdes Hidup Baru Telaga Itar. Menurut pengelola, Murhan, sejak awal musim kemarau tadi, banyak ikan nila yang dibudidayakannya mati, bahkan kematian ikan mencapai 20 ekor perhari dalam setiap keramba.

Murhan mengaku, untuk mensiasati hal tersebut dirinya terpaksa menambah penebaran benih ikan dikerambanya. Dari yang sebelumnya  empat ribu ekor per keramba, ditambah menjadi enam ribu ekor per keramba.

Berbeda dengan Murhan, salah seorang peternak ikan keramba di Desa Sungai Hanyar Kecamatan Banua Lawas, Rahmad Syukur, mengaku untuk mengurangi jumlah kematian ikan , ia terpaksa mengurangi pemberian pakan.

Dalam tiga bulan terakhir produksi ikan keramba turun dari 4.708,9 ton menjadi 4.283,6 ton. produksi ikan keramba diprediksi akan menurun hingga di bawah 4 ribu ton hingga September 2018.

Muhammad Rais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: