Home / Tabalong Hari Ini / Minat Masyarakat Terhadap Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Tinggi

Minat Masyarakat Terhadap Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Tinggi

TVTABALONG.COM – Dibandingkan tahun sebelumnya, tahun 2018 ini permintaan  masyarakat Tabalong akan KB jangka panjang meningkat signifikan. Bahkan periode maret ini saja, pengguna kontrasepsi spiral mencapai 200%. Sedangkan metode operasi wanita atau tubektomi mencapai angka 100%.

Dalam dua tahun terakhir, penggunaan jenis alat kontrasepsi jangka panjang di Tabalong meningkat. Bahkan menurut data Dinas Pemberdayaan Perempuan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tabalong, penggunanya di periode maret ini telah melebihi angka tahun sebelumnya.

Tahun 2017 lalu, pengguna kontrasepsi  IUD atau KB spiral di Tabalong,  mencapai seratus 10,38%. Namun periode maret 2018, justru telah mencapai 210,74%. Sedangkan pengguna kontrasepsi jenis metode operasi wanita atau tubektomi, tahun 2017 lalu ada 93,36%, dan di tahun 2018  periode maret menjadi 108,91%.

Menurut kepala bidang pengendalian penduduk advokasi dan KIE, Dinas Pemberdayaan Perempuan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kabupaten Tabalong, Akhmad Nupiardi, kesadaran masyarakat Tabalong menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang atau MKJP meningkat. Mengingat metode ini lebih rasional dan tidak beresiko tinggi.

Pemerintah Tabalong terus berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan pemilihan alat kontrasepsi MKJP tersebut. Dan hingga kini, perkiraan permintaan masyarakat peserta KB aktif periode maret 2018 berjumlah 37.324.

(Purnamasari)

Check Also

Kepesertaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Meningkat

TVTABALONG.COM – Sesuai dengan program pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk melalui kepesertaan keluarga berencana, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: