Meski Retribusi Izin Gangguan Dicabut, BPPRD Tabalong Optimis Tingkatkan PAD Lewat Sektor Lain

TVTABALONG.COM – Penerapan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 19 tahun 2017, tentang pencabutan izin gangguan berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tabalong. Meski berdampak pada PAD, Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah optimis bisa meningkatkan PAD melalui pendapatan lain.

Langkah pemerintah pusat mencabut retribusi izin gangguan atau HO pertengahan tahun 2017 lalu berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah khususnya pada retribusi daerah. Pasalnya retribusi daerah melalui izin HO mencapai 1 milyar lebih setiap tahunnya.

Akibatnya tahun 2017 lalu retribusi daerah Tabalong hanya sebesar 6,2 milyar rupiah, menurun 1,4 milyar rupiah dibanding tahun 2016, lalu yang mencapai 7,7 milyar.

Meski berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong, H.Erwan mengatakan, untuk menutupi kehilangan PAD tersebut, di tahun 2018 ini pihaknya akan berupaya memaksimalkan pendapatan dari sektor lain.

Erwan juga optimis di tahun 2018, pendapatan asli daerah kabupaten Tabalong baik melalui retribusi daerah maupun pajak daerah akan meningkat.

Baca Juga : Pernikahan Dini Jadi Faktor Meningkatnya Angka Perceraian di HSS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: