Mesjid Tertua di Tabalong Ini Punya Daya Tarik Tersendiri Bagi Peziarah

TVTABALONG.COM – Mesjid Pusaka Banua Lawas, merupakan salah satu mesjid bersejarah di Tabalong. Mesjid tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi para peziarahnya, termasuk bagi rombongan tim penggerak PKK Tabalong. Tim penggerak PKK pun menggelar Safari Ramadhan di mesjid yang terletak di kecamatan Banua Lawas tersebut.

Mesjid Pusaka Banua Lawas, merupakan mesjid tertua yang ada di kabupaten Tabalong. Mesjid ini didirikan pada tahun 1625 masehi, dan menjadi salah satu situs Bersejarah di Tabalong.

Mesjid Pusaka Banua Lawas, memiliki sejarah sebagai pusat penyebaran Islam di Tabalong. Sehingga membuat mesjid ini sebagai bukti diterima nya Islam oleh suku dayak maanyan di Tabalong.

Sejarah dibalik Mesjid Pusaka Banua Lawas, membuat para peziarah berdatangan mengunjungi mesjid ini. Masjid ini pun menarik perhatian tim penggerak PKK, untuk melaksanakan safari ramadhan, di Mesjid Pusaka, yang terletak di Kecamatan Banua Lawas ini.

Pelaksana tugas ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong, Nur Aina mengimbau warga sekitar untuk terus melestarikan salah satu situs bersejarah ini, tanpa mengubah keaslianya, sehingga dapat terus menarik minat peziarah.

Nur Aina juga mengharapkan, agar situs bersejarah ini tetap menjadi kebanggaan Kabupaten Tabalong terutama warga Desa Banua Lawas. Mesjid bersejarah ini sendiri, sering dikunjungi peziarah dari luar kabupaten, bahkan dari luar provinsi.

(Sherly Nova Arianti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: