Menurut DLH, Ini Yang Sebabkan Pelayanan Persampahan Belum Maksimal

TVTABALONG.COM – Dari total sampah lebih dari 500 meter kubik perhari di Tabalong, ternyata baru sekitar 50% saja yang mampu dilayani. Dinas lingkungan hidup pun beralasan, keterbatasan fasilitas menjadi penyebab belum meratanya pelayanan persampahan di Tabalong.

Rata-rata 535,65 meter kubik sampah, setiap harinya dihasilkan masyarakat Tabalong. Baik sampah plastik, kertas, organik maupun sampah an-organik.

Sayangnya, hanya 238,33 meter kubik saja yang mampu dikelola Dinas Lingkungan Hidup Tabalong.  Hal itu dikarenakan besarnya biaya pengelolaan sampah tersebut. Sedangkan pendapatan dari retribusi persampahan yang menyasar 6 UPT Pasar dan area perkantoran di Tabalong, masih belum maksimal.

Selain itu, menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice, terbatasnya armada pengangkutan sampah, dan keterbatasan personil, juga menjadi alasan belum meratanya pelayanan tersebut.

Sementara ini, pelayanan pengelolaan persampahan tertinggi ada di Kecamatan Murung Pudak dengan persentase lebih dari 90%. Sedangkan yang terendah berada di daerah luar perkotaan. Bahkan kecamataan pugaan hanya mendapatkan layanan persampahan sebesar 4%.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: