Mencegah Anak Dari Paham Radikal Sejak Dini

TVTABALONG.COM – Belakangan marak terjadi aksi terorisme di berbagai wilayah di Indonesia,  pelakunya tidak hanya melibatkan laki-laki, namun juga melibatkan perempuan dan anak-anak. Untuk itu, pengawasan akses informasi yang tepat dinilai dapat membantu anak dari pengaruh buruk paham radikalisme.

Seperti diketahui, sejumlah aksi teror telah terjadi di berbagai wilayah Indonesia, pelakunya tidak hanya melibatkan laki-laki dewasa, namun juga melibatkan perempuan dan anak.

Keterlibatan anak-anak dalam aksi teror tentu jadi sorotan masyarakat, maka dari itu peran orang tua sangatlah penting dalam melakukan pengawasan dan pendidikan terhadap anak.

Ditemui saat upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, salah satu orang tua anak, Karmiani menuturkan upayanya dalam melakukan pencegahan pengaruh radikalisme terhadap anak.  Yaitu dengan memberikan pendidikan agama sejak dini kepada anak, karena pendidikan agama dinilai dapat membantu anak untuk tidak terpengaruh akibat paham radikalisme.

Selain itu, Karmiani juga menelaskan, kendala yang sering ia hadapi dalam mendidik dan melakukan pengawasan, salah satunya pengawasan dalam penggunaan gadget, karena menurutnya dengan menggunakan gedget anak dapat memperoleh informasi yang bermanfaat atau justru mendapat informasi paham radikalisme.

(S. Hidayat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: