Membangun Karakter Melalui Kesenian, Dinas Pendidikan Gelar FLSSN

TVTABALONG.COM – Salah satu upaya membangun karakter yang kuat, Dinas Pendidikan Tabalong mengadakan festival dan lomba seni siswa nasional tingkat SMP tahun 2018. Kegiatan ini juga sebagai upaya mencari bakat siswa, yang nantinya akan mewakili Tabalong pada lomba tingkat provinsi.

Berbagai talenta ditampilkan pada lomba seni siswa nasional tingkat sekolah menengah pertama se kabupaten Tabalong.  Kategori lomba terbagi dalam lima jenis yaitu, lomba kreatifitas tari, kreatifitas musik tradisional, gitar solo, menyanyi solo dan desain poster.

Kepala seksi peserta didik dan pembangunan karakter tingkat SMP, H. Hasbi mengatakan, pembelajaran seni budaya dinilai penting,  karena dalam ilmu kesenian terdapat pembelajaran dan pembentukan mental dan karakter. Hal itu menjadikan siswa memiliki kemampuan kritis, apresiatif, kreatif, dan inovatif, untuk mampu bersaing dan hidup kompetitif.

Hasbi juga menambahkan, pembelajaran di sekolah masih berfokus pada materi ilmu pengetahuan. untuk itu, salah satu upaya untuk membentuk watak siswa, yaitu dengan kesenian.

Sekedar informasi, 120 peserta dari sekolah menengah pertama se kabupaten Tabalong berpartisipasi dalam lomba seni siswa nasional. Juara pertama pada tiap perlombaan nantinya akan mewakili Tabalong pada lomba tingkat provinsi.

(Syarif Hidayat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: