Melemahnya Rupiah Terhadap Dolar AS Juga Pengaruhi Harga Suku Cadang Motor

TVTABALONG.COM – Melemahnya rupiah terhadap dolar, otomatis berdampak pada naiknya harga produk-produk impor. Salah satunya ialah, harga suku cadang motor yang juga turut mengalami kenaikan.

Salah satu pedagang variasi suku cadang motor, Muhammad Ihsan menuturkan, kenaikan paling dirasakan sejak awal bulan September lalu.

Baca Juga : 

Suku cadang berjenis impor, yang sering digunakan masyarakat, mengalami kenaikan dari 5 sampai 10 persen. Barang-barangnya seperti velg, knalpot, dan shock variasi.

Di toko lain, imbas dari kenaikan harga spare part motor, diakui pedagang, berdampak pada penurunan pendapatan, bahkan mencapai lebih dari 50 persen.

Seperti yang diakui Husaini, pengaruh tersebut dirasakannya sejak beberapa bulan lalu. Normalnya, dalam sehari penghasilan kotor yang didapat bisa mencapai Rp 2,5 Juta.

Sedangkan sejak kenaikan sejumlah suku cadang, diakui Husaini untuk menghasilkan uang Rp 1 juta per hari dinilai masih sulit.

Dari naiknya harga suku cadang motor tersebut, beberapa pedagang terpaksa ikut menaikan harga jual kepada pembeli. Imbasnya daya beli masyarakat menurun.

Syarif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: