Lomba Masak Ikan, Ciptakan Menu Variatif Dari Ikan Patin dan Bandeng

TVTABALONG.COM – Gizi beragam yang terkandung dalam ikan, membuat makanan pokok ini cocok, dijadikan menu andalan keluarga. Untuk memacu tingkat konsumsi ikan di Tabalong, Dinas Perikanan pun gelar lomba memasak ikan, pada 16 Juli, di Pendopo Bersinar. Lomba tersebut diikuti Satuan Kerja Perangkat Daerah bersama PKK kecamatan se Kabupaten Tabalong.

Dengan berbahan dasar ikan patin dan ikan bandeng, peserta lomba memasak dituntut untuk dapat menyajikan makanan yang variatif. Mulai dari menu makan keluarga, balita, hingga olahan makanan pedamping. Para peserta pun dapat menyajikan makanan dalam bentuk goreng, kuah, cake, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Kepala Dinas Perikanan, Muhamad Mugeni mejelaskan lomba ini diharapkan dapat memicu masyarakat dalam mengkonsumsi ikan. Terutama sebagai menu andalan setiap hari.

Ikan patin dan bandeng sendiri memiliki kandungan gizi yang lengkap. Seperti yang dijelaskan kepala seksi kesehatan  keluarga dan gizi Dinas Kesehatan, Catur Yudha, ikan memiliki 3 zat utama yang dibutuhkan tubuh manusia. Baik itu zat tenaga, pembangun, dan pengatur.

Pada lomba kali ini, kategori menu makan siang keluarga dijuarai oleh Kecamatan Pugaan. Sedangkan untuk menu makan siang balita, dijuarai oleh Dinas Koperasi dan  UMKM. Dan menu kudapan dijuarai oleh Kecamatan Tanjung. Sedangkan juara favorit kategori menu kudapan diraih Setda Tabalong.

(Purnamasari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: