Lomba Kriya, Ciptakan Kerajinan Tangan Bermanfaat

TVTABALONG.COM – Lomba Kriya, atau kerajinan tangan, menjadi salah satu jenis yang diperlombakan pada ajang FLS2N. Para peserta lomba tersebut, dituntut untuk mampu membuat kerajinan tangan yang bermanfaat di kehidupan sehari hari.

Kriya menjadi salah satu jenis kesenian yang diperlombakan pada FLS2N tingkat kabupaten Tabalong. Kriya sendiri merupakan kegiatan seni yang menitik beratkan pada keterampilan tangan, untuk mengolah bahan baku, yang sering ditemukan di lingkungan. Hasil kriya tidak hanya dituntut bernilai pakai, tetapi juga harus memiliki nilai estetis.

Cabang lomba kriya ini sendiri diikuti sebanyak 18 orang perserta dari sembilan sekolah di kabupaten Tabalong. Masing-masing sekolah mengirimkan dua orang siswanya sebagai perwakilan.

Salah satu peserta lomba kriya, Rahmawati, yang mewakili sekolahnya SMA Negeri 1 Kelua, pada lomba kriya ini menampilkan karya vas bunga. Rahmawati memanfaatkan tempurung kelapa dan daun jagung, sebagai bahan dasar membuat vas bunga.

Juri lomba cabang kriya, Wagimin, menjelaskan, dalam menilai hasil seni kriya, dia menetapkan tiga kategori penilaian. Salah satunya adalah nilai estetika hasil kriya.

Melalui lomba kriya, siswa yang menyukai seni kreatif, memiliki kesempatan untuk menampilkan hasil kreatifitasnya. Selain menghasilkan benda yang memiliki fungsi, benda yang dihasilkan siswa ini juga memiliki nilai estetika.

(Rulyandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: