Kuda Lumping Jadi Tontonan Menarik Bagi Warga Tabalong

 

TVTABALONG.COM – Atraksi kesenian tradisional kuda lumping, selain menampilkan tarian prajurit berkuda, juga menampilkan berbagai atraksi berbahaya, seperti kesurupan,  memakan kaca, hingga memakan ubi mentah. Namun kini  kesenian rakyat Jawa Timur tesebut menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat di  Tabalong.

Walaupun merupakan kesenian rakyat Jawa Timur, akan tetapi, Kuda Lumping tak jarang dijumpai di di Tabalong. Kesenian kuda lumping menampilkan atraksi tarian prajurit berkuda. Kuda yang ditunggangi terbuat dari bambu, atau bahan lainnya yang dipotong dan dianyam sedemikian rupa hingga berbentuk seperti kuda, serta dihias dengan cat dan kain beraneka warna.

Selain menampilkan tarian prajurit berkuda, kesenian ini juga menampilkan atraksi berbahaya seperti memakan kaca, memakan ubi mentah, hingga penari yang dicambuk berkali-kali.

Lihat Videonya Disini :

Salah satu anggota sanggar kesenian kuda lumping, Poko, menjelaskan bahwa, sebelum memulai atraksinya, ia terlebeh dahulu telah melakukan latihan dan ritual, sehingga ia berani untuk melakukan atraksi ini.

Selain itu poko juga menambahkan, gelaran pentas dari tari kuda lumping biasanya ditampilkan pada acara-acara tertentu, seperti penyambutan tamu kehormatan, dan pada setiap acara syukuran.

(Syarif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: