Koperasi di Tabalong Masih Potensial Tumbuh di Bidang Usaha Pertanian

Komisi 2 DPRD menyatakan, sejumlah koperasi di Tabalong masih potensial tumbuh di bidang usaha pertanian di Tabalong. Hal tersebut sampaikan anggota DPRD Musalin, saat rapat kerja bersama Dinas Koperasi dan Ukm, pada senin 19 Maret lalu.

Meski saat ini pemerintah kabupaten Tabalong, tengah gencar menggalang badan usaha milik desa, (BUMDES), untuk memandirikan desa, anggota Komisi 2 DPRD Tabalong Mursalin beranggapan, bahwa hal tersebut bukan saingan bagi koperasi untuk mengembangkan usahanya.

seperti diketahui, Bumdes kebanyakan berorientasi pada kebutuhan pokok dan sembako. Sedangkan Mursalin berpendapat, koperasi berpotensi besar berkembang dibidang pertanian.

Mursalin menambahkan, koperasi bisa menjadi akses permodalan bagi petani. Dalam hal ini koperasi dapat berperan menjadi salah satu wadah bagi petani, untuk melakukan simpan pinjam, atau sebagai wadah untuk pemasaran atau jual beli hasil panen petani, maupun kebutuhan petani.

Terlebih saat ini, menurutnya pemerintah daerah tengah merubah pola perkebunan karet ke pertanian hortikultura , sehingga koperasi mempunyai peluang besar untuk maju. (tvtabalong.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: