Komisi II DPRD Tabalong Kunjungi Pemkab Bantul

Selain menggali sistem yang diterapkan pemerintahan Desa Panggungharjo dalam mengelola badan usaha milik desa, Bumdes. DPRD Tabalong juga mengunjungi pemerintahan Kabupaten Bantul, untuk mengetahui kebijakan pemkab, dalam mendukung pengembangan badan usaha milik desa, di Kabupaten Bantul.

Kunjungan Komisi II DPRD Tabalong, ke kantor Pemkab Bantul, disambut assisten III bidang kesejahteraan rakyat Totok Sudarto. Dalam sambutannya Totok menjelaskan pemerintahan desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan pemerintahan desa mewajibkan 75 desa di Bantul untuk memiliki badan usaha milik desa.

Pemerintah Kabupaten Bantul memfasilitasi permodalan sebesar 25 juta rupiah, untuk setiap pendirian bumdes. Selain itu, pemkab juga mengidentifikasi potensi di setiap desa, dengan mengarahkan setiap bumdes untuk memiliki jenis usaha yang bervariasi.

Baca Juga : Intip Strategi BUmdes, Komisi II DPRD Tabalong, Kunjungi Desa Panggungharjo

Bumdes Mitra UMKM & Koperasi

Ketua Komisi II Dprd tabalong, Aries Heryanto beranggapan, meskipun saat ini bumdes di Kabupaten Tabalong, memiliki jenis usaha yang sama, yaitu dibidang perdagangan dalam bentuk bumdesmart, tetapi ia meyakini hal tersebut merupakan langkah awal,  untuk melahirkan bumdes lainnya.

Menindaklanjuti kegiatan ini, Aries menambahkan akan mendasari pembentukan payung hukum yang mengatur bumdes,  baik dari segi kebijakan, pengembangan usaha, maupun pengelolaannya, untuk dituangkan kedalam perda.(tvtabalong.com/hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: