Kesenian Tradisional Meriahkan Perpisahan SMPN 1 Tanjung

TVTABALONG.COM – Untuk memeriahkan pengukuhan dan pelepasan siswa kelas IX, SMP Negeri 1 Tanjung menampilkan pertunjukan yang mampu menarik perhatian penonton. Dalam penampilan ini para murid menampilkan cerita anak sima, yang dibawakan dengan pertunjukan musik tradisional.

Cerita anak sima merupakan cerita rakyat dari Banjarmasin,  yang menceritakan mengenai anak yang lahir dari hubungan tidak sah, namun ibu nya dengan tega membuang nya kehutan. Setelah dibuang bayi tersebut menangis sejadi jadi nya karena dia merasa lapar dan haus.

Dalam penampilan ini,alat musik yang di mainkan , yakni alat musik khas Kalimantan, seperti kanung, sarun, babun, beduk dan lainnya.

Menurut pembina musik tradisional SMP Negeri 1 Tanjung, Ruhaida Susanti, penampilan ini merupakan upaya dari pihak sekolah untuk memperkenalkan musik tradisional di zaman sekarang.

Lebih lanjut, Ruhaida menjelaskan,  kesenian musik tradisional dari SMP Negeri 1 Tanjung ini, pada Agustus mendatang akan mewakili kabupaten Tabalong untuk lomba FLSSN di Banjarmasin, karena kesenian ini berhasil menjadi juara di FLSSN di kabupaten Tabalong.

(Sherly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: