Kesadaran Program KB Masyarakat Meningkat

Kesadaran progam keluarga berencana (KB) masyarakat semakin meningkat, hal ini disampaikan Dinas Pemberdayaan Perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana kabupaten Tabalong, saat orientasi peningkatan kapasitas keluarga berencana, yang menekankan masyarakat cenderung mengikuti metode KB jangka panjang.

Kesadaran masyarakat Tabalong, mengikuti program KB saat ini mengalami peningkatan, pasalnya masyrakat cenderung mengikuti anjuran metode keluarga berencana, seperti pemilihan alat kontrasepsi jangka panjang.

Hal ini terlihat dari data himpunan dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana, kabupaten Tabalong. Mengenai pencapaian PPM KB aktif menurut metode kontrasepsi ditahun 2017 yang mencapai 79,77 persen untuk kategori pasangan KB aktif dan pasangan usia subur. Sementara untuk pencapaian ditahun 2018 mengalami pergeseran angka menjadi 79,78 persen.

Berdasarkan hal tersebut kepala bidang ketahanan dan kesejahteraan keluarga DPPPAPPKB, Zainal Hasan, mengimbau kepada para peserta orientasi untuk lebih meningkatkan kesadaran keluarga berencana ini agar terus meningkat. Zainal menekankan para peserta agar mengarahkan masyarakat disetiap kecamatan untuk menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang, atau MKJP.

Dikarenakan penggunaan metode KB jangka panjang lebih efektif dan ekonomis, pihak DPPPAPPKB menyebutkan penggunaan MKJP ini pun lebih menguntungkan karena jika dibandingkan dengan kontrasepsi pil dan suntik, MKJP seperti inflan dapat bertahan lama 3 sampai 4 tahun, dan tentunya lebih hemat biaya.(tvtabalong.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!