Kepala Dinas Sosial Harapkan Semua Desa & Kelurahan di Tabalong Miliki Pusat Kesejahteraan Sosial

TVTABALONG.COM – Pemerintah Kabupaten Tabalong akan membangun Pusat Kesejahteraan Sosial atau Puskesos di setiap desa atau kelurahan. Puskesos berfungsi sebagai  merupakan tempat layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan di setiap desa.

Dinas Sosial akan menempatkan satu orang fasilitastor di setiap Puskesos yang akan terkoneksi ke sistem layanan dan rujukan terpadu (SLRT), yang terletak di kabupaten.

Terbaru :

Untuk saat ini hanya ada 2 kelurahan di Tabalong, yang pasti akan menjalan sistem tersebut. Yakni Kelurahan Mabuun dan Kelurahan Belimbing Raya, yang dibangun melalui dana APBN.

Kepala Dinas Sosial Tabalong mengharapkan, untuk semua desa dan kelurahan di Tabalong mempunyai Puskesos, agar desa dan kelurahan memiliki data mengenai kemiskinan tiap desa.

Masyarakat miskin dan rentan miskin yang mengalami perubahan data atau keluhan, maka dapat melapor ke Puskesos di desa masing-masing. Setelah itu dari Puskesos fasilitator melaporkan ke SLRT yang berada di kabupaten, yang nantinya terletak  di Dinas Sosial.

Pada 1 Oktober 2018, pemerintah daerah akan mulai mencoba sistem layanan dan rujukan terpadu, dan pusat kesejahteraan sosial untuk masyarakat miskin dan rentan miskin di Tabalong.

Sherly Nova Arianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: