Kenali Pentingnya Imunisasi Tetanus Toksoid Sebelum Menikah

Pasangan yang akan menikah seringkali lebih mempersiapkan hal yang berkaitan dengan resepsi pernikahan. Padahal ada persiapan lain yang tak kalah penting, yakni cek kesehatan calon pengantin, seperti imunisasi sebelum melakukan pernikahan.

Imunisasi sebelum pernikahan, yang lebih dikenal dengan imunisasi tetanus toksoid atau imunisasi TT, wajib dilakukan untuk calon pengantin wanita. Hal ini dilakukan  untuk mencegah penyakit tetanus, serta memberikan kekebalan tubuh saat hamil nantinya.

Biasa-nya calon pengantin wajib melakukan imunisasi sebanyak 2 kali, yakni satu bulan sebelum pernikahan dan satu bulan sesudah pernikahan.

Koordinator KB BLUD UPT Puskesmas Murung Pudak, Hj.Agus Susana mengatakan, pihak nya terlebih dahulu memberikan pemahaman mengenai penting nya imunisasi, baik  sebelum menikah maupun  sesudah menikah, kepada calon pengantin.

Selain itu, imunisasi sebelum pernikahan,  menjadi syarat wajib  untuk mendaftarkan pasangan calon pengantin ke KUA, agar keturunan nya nanti sehat secara jasmani dan rohani.

Sebagai informasi, selain imunisasi sebelum dan sesudah pernikahan, wanita juga dianjurkan untuk imunisasi TT ke 3 setelah enam bulan imunisasi kedua, imunisasi TT ke 4 dilakukan setelah satu tahun dari  imunisasi ketiga, dan imunisasi tt kelima dilakukan setelah satu tahun imunisasi keempat. Setelah melakukan imunisasi TT lima kali, wanita dapat terlindungi dari virus tetanus selama 25 tahun.(tvtabalong.com/sherly&fauzi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: