Kenali Campak dan Rubella, Di Dunia Medis Belum Ada Obat Yang Mampu Bunuh Virus Ini

TVTABALONG.COM – Sebelum memutuskan apakah anaknya harus di imuninasi MR atau tidak, sebaiknya para orang tua harus mengetahui terlebih dahulu,apa itu penyakit campak dan rubella. Hingga saat ini di dunia medis tidak ditemukan obat yang dapat membunuh virus ini, tetapi dampak buruk campak dan rubella, dapat dihindari dengan pemberian imunisasi.

Campak dan rubella adalah infeksi virus yang ditandai dengan munculnya ruam di seluruh tubuh. Seseorang yang terkena campak, di tahap ringan akan mnegalami dehidrasi, infeksi telinga dan mata, hingga radang selaput suara. Sedangkan di tahap berat, penderita penyakit campak bida mengalami pneumonia, hepatitis, hingga radang otak.

Penyakit campak dan rubella ditularkan melalui udara, yang dapat masuk ke sistem pernapasan manusia. Dalam tahapan ringan, dampak penyakit campak bisa diobati. Tetapi yang paling berbahaya ialah jika penyakit ini tertular pada wanita hamil.

Wanita hamil yang tertular virus campak dan rubella, berpotensi besar terjadi keguguran kandungan. Dan kalaupun janin tetap bertahan, maka akan terlahir dengan kecacatan serius. Seperti kelainan jantung, kerusakan jaringan otak, katarak atau rabun sejak kecil, dan akan mengalami gangguan pendengaran.

Kabid P2P Dinkes Tabalong Muhammad Arif menjelaskan,tidak ada obat yang dapat membunuh virus campak dan rubella. Tubuh yang terserang penyakit ini secara otomatis akan membentuk antibody, tetapi jika tubuh tidak siap, maka akan terkena dampak buruk campak.

Satu satunya cara untuk menghindari dampak buruk campak dan rubella adalah dengan memasukkan virus yang telah dilemahkan melalui imunisasi. Dengan demikian tubuh akan sendirinya membentuk antibodi, sehingga mampu menangkal dampak buruk campak.

Normansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: