Home / Tabalong Hari Ini / Kemenag Tak Dapat Menindak Agen Perjalanan Kasus Penipuan Umrah

Kemenag Tak Dapat Menindak Agen Perjalanan Kasus Penipuan Umrah

TVTABALONG.COM – Meski penipuan berkedok perjalanan umrah murah berulang kali terjadi di Tabalong, namun sayangnya Kementerian Agama Tabalong tidak dapat mengambil tindakan apapun. Pasalnya, fungsi Kemenag Tabalong masih terbatas pada pemberian informasi kepada masyarakat saja.

Hingga kini, seksi ibadah haji dan umrah Kementerian Agama Tabalong belum menerima laporan resmi, terkait penipuan perjalanan ibadah umrah, yang terjadi di Tabalong. Pihaknya justru mengetahui informasi itu dari media sosial dan masyarakat.

Menurut kasi haji dan umrah Kemenag Tabalong, H. Nabhan Fansuri. Penipuan terjadi karena minimnya kesadaran masyarakat, dalam memilih biro perjalanan resmi, dan mengetahui aturan kebijakan penyelenggaraan ibadah umrah. Padahal, ketentuan tersebut sudah ada dari kementerian agama pusat.

Namun Nabhan juga mengakui, hingga kini Kementerian Agama Tabalong hanya sebatas pemberian informasi agen perjalanan yang resmi. Sedangkan pengawasan dan penindakan, merupakan wewenang kemenag propinsi dan pusat.

Nabhan juga menjelaskan, pihaknya siap membantu berkonsultasi dan memfasilitasi, jika terjadi permasalahan ibadah umrah.

(Muhammad Aditya)

Check Also

Keberangkatan & Pemulangan Haji Sudah Ditetapkan, Kemenag Imbau JCH Persiapkan Diri

TVTABALONG.COM – Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri telah menetapkan jadwal keberangkatan dan pemulangan haji  Embarkasi …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: