Kembangkan Varietas Tanaman Lokal di Tabalong

Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong berencana mendaftarkan beberapa varietas tanaman lokal ke pusat perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian. Hal ini bertujuan untuk terus mengembangkan varietas tanaman lokal khas Tabalong.

Dari total 36 varietas tanaman lokal se Kalimantan Selatan, Kabupaten Tabalong sudah mendaftarkan satu varietas tanaman lokal yakni langsat Tanjung,  ke Kementerian Pertanian Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, sejak tahun 2007.

Baca Juga : Sempat Terbengkalai, Disperindag Akan Lanjutkan Pembangunan Pasar Buah

Produksi Buah Lokal Menurun, Dinas Pertanian Gelar Bimtek Perbaikan Budidaya Buah Unggulan

Pusat perlindungan Varietas Tanaman Dan Perizinan Pertanian, M. Asril, saat melakukan sosialisasi mengatakan, varietas lokal harus didaftarkan, agar tidak diakui oleh daerah lain bahkan negara lain.

Melihat hal tersebut, Kasi Buah Dan Tanaman Hias Dinas Pertanian Tabalong, endang Susilowati Dwi Hartati, pihak nya akan mendaftarkan beberapa tanaman lokal khas Tabalong lainya. Seperti buah sejenis durian diantaranya lekol, kemundai, dan mahrawin habang, yang saat ini sudah memasuki proses penilaian karakteristik.

Endang juga menambahkan, pendaftaran varietas tanaman dilakukan, agar kekayaan alam tetap terjaga dan bisa memberikan identitas terhadap varietas lokal.(tvtabalong.com/Sherly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: