Home / Pendidikan / Karya Menarik di Final ACBE 2018, Dari Tanah Sawah Jadi Sumber Listrik Hingga Baju Anti Nyamuk

Karya Menarik di Final ACBE 2018, Dari Tanah Sawah Jadi Sumber Listrik Hingga Baju Anti Nyamuk

TVTABALONG.COM – Berbagai penelitian menarik, dapat ditemui saat final kompetisi Adaro Community Based Education (ACBE) tahun 2018. Ada 37 kelompok tingkat sma se Tabalong dan Balangan, yang menampilkan proyek ilmiah di bidang medis, pertanian, maupun elektronika.

Tak disangka, siswa MAN 1 Balangan, menampilkan proyek pemanfaatan tanah dan air sawah, sebagai daya listrik.

Penelitian ini didasari atas kandungan  zat asam yang terdapat di tanah.

Baca Juga : Final Kompetensi Proyek 2018 YABN, Tanamkan Pola Pikir Kritis Pada Peserta

Dari penelitian mereka, satu botol yang berisi tanah jenis timbun tulang dan air bungur, dapat menghasilkan rata-rata 1 volt tiap 10 detik, dan dapat menyalakan lampu dengan skala kecil.

Karya penelitian lainnya, ditampilkan siswa dari SMAN 1 Upau. Mereka menampilkan penyedap rasa buatan khas Dayak Deah, dari daun dulang dan daun dulang saluang.

Budaya leluhur menjadi alasan bagi siswa memilih penelitian tersebut. Penyedap rasa dari daun dulang dinilai mirip dengan perasa MSG.

Jika dicampur dengan sayur karuang, dari data survei penelitian, responden lebih menyukai perasa buatan daun dulang dibanding dengan perasa MSG.

Selain itu banyak penelitian menarik lain dari para peserta. Seperti baju anti nyamuk untuk penyadap karet, bak sampah otomatis, sampai pemanfaatan ekstrak kulit pohon lahasi sebagai penyembuh diare.

Penulis : Syarif Hidayat
Editor : Hendriyani

Check Also

Nyalakan Lentera Literasi Lewat Perpustakaan Keliling YABN At Car Free Day

TVTABALONG.COM – Menggunakan  satu buah mobil operasional, Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) berhasil menarik perhatian …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: