K3 Segera diterapkan Untuk ASN Tabalong

TVTABALONG.COM – Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, pada aparatur sipil negara di lingkup Pemkab Tabalong. Penerapan K3 diperkirakan akan berimbas pada optimalnya kinerja ASN, sehingga penyelenggaraan pemerintah diharapkan dapat maksimal.

Pemerintah Kabupaten Tabalong akan menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), di lingkup kerja Pemkab Tabalong. Saat ini penerapan K3 tengah dalam proses pengenalan pada aparatur sipil negara.

Menindaklanjuti hal tersebut, para ASN pun diikutkan dalam sosialisasi pemahaman tentang membina lingkungan kerja yang bersih dan sehat. Serta antisipasi hal buruk saat bekerja, dengan melibatkan Dinas Kesehatan dan PT Adaro sebagai pemateri, karena  telah lebih dulu menerapkan K3.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tabalong, Rapolo Manik menjelaskan bahwa 40 persen penyakit yang diderita seseorang, disebabkan karena lingkungan kerjanya. Baik karena psikologis, lingkungan, pencahayaan, suhu, maupun kelembaban ruangan kerja.

Penerapan kesehatan dan keselamatan kerja, tidak hanya diperuntukkan bagi jenis pekerjaan yang memiliki resiko tinggi kecelakaan, tetapi juga bagi semua jenis pekerjaan, agar hasil capaian kerja dapat maksimal. Seperti yang dijelaskan  IHOH Section Head PT Adaro Dian Sugiharto, kesuksesan lembaga ialah ketika kualitas aset berharganya seperti kesehatan karyawan, dapat terjaga.

Menindaklanjuti penerapaan K3 di lingkup kerja Pemkab Tabalong, Sekretaris Daerah Tabalong Abdul Muthalib Sangadji, yang ditemui di tempat berbeda mengatakan, perlahan akan menerapkan K3 pada pegawainya.

Sebelumnya, dalam penerapan K3 ini, pegawai di lingkup Pemkab Tabalong telah menjalani pemeriksaan kesehatan, yang akan dilaksanakan secara rutin.

Purnamasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: