Jelang Lebaran, Penjahit Kebanjiran Order


TVTABALONG.COM – Jasa para penjahit, rupanya laris manis saat menjelang lebaran. Para penjahit kebanjiran orderan, baik dalam pembuatan, maupun hanya sekedar permak baju. Omset penjahit pun melejit, dua sampai tiga kali lipat dari hari biasanya.

Penjahit di Tanjung, Asmuriyadi ini misalnya. Setiap menjelang lebaran, dirinya selalu kebanjiran orderan. Baik membuat maupun hanya sekedar permak baju saja.

Menurut Asmuryadi, jika hari biasa bisa menerima seratus lembar pesanan jahitan baju perbulan. Namun menjelang lebaran kali ini, bisa mencapai seratus 50 lembar lebih pesanan jahitan.

Sedangkan untuk permak baju di saat jelang lebaran, Asmuryadi dapat menerima 15 hingga 20 baju perhari. Meningkat dari hari biasa yang hanya 10 baju perhari.

Senada dengan Asmuryadi, salah seorang penjahit di Sulingan, Yusuf mengakui, beberapa pekerjaan jahitan yang rumit sempat ditolaknya. Karena khawatir tidak selesai tepat waktu.

Seperti pengakuan salah seorang ibu rumah tangga, Nur Aida. Meski membeli baju baru yang sudah sesuai dengan ukuran yang biasa dipakainya, Aida mengaku masih ada beberapa bagian dari bajunya yang harus dipermak, agar pas saat dikenakan saat lebaran nanti.

Peningkatan orderan jahitan ini pun diiringi dengan peningkatan omset para penjahit. Peningkatan omset bahkan mencapai dua hingga tiga kali, dibandingkan dengan di luar bulan ramadan.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: