Jangan Dibakar, Jerami Padi Bisa Dimanfaatkan Jadi Pupuk Organik

TVTABALONG.COM, Tanjung – Tahukan anda? ternyata sekam benih dan jerami padi yang tidak terpakai, bisa dimanfaatkan membuat pupuk organik. Perkumpulan Pusaka Tabalong, sejak tiga tahun terkahir, sudah melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik dari sekam benih.

Pelatihan pembuatan pupuk organik dari sekam dan jerami padi, sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat, bahwa sekam dapat dimanfaatkan. Selain itu pemanfaatan sekam dan jerami benih ini juga untuk mengurangi aktivitas pembakaran jerami.

Tonton Videonya Di Sini :

Metode pelatihan pembuatan pupuk organik, menggunakan sistem berlapis.  Memanfaatkan bahan dari kotoran sapi atau ayam, hampa padi, dadak, daun perak dan gula putih atau merah, sedangkan  untuk pengurainya menggunakan trichoderma.

Pemateri pelatihan dari Perkumpulan Pusaka, Arif Rahman Hakim mengatakan, bagi petani hasil pembuatan pupuk organik, dapat dipergunakan untuk masa tanam padi selanjutnya. Sehingga membantu petani, untuk mengurangi biaya produksi tanam yang mencapai  20%.

Masyarakat perorangan atau kelompok, yang ingin mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik,   dapat melakukan pendaftaran di Perkumpulan Pusaka di RTH Kambang Tanjung, Jl. Tanjung Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: