Intip Strategi Bumdes, Komisi II DPRD Tabalong Kunjungi Desa Panggungharjo

Berorientasi pada pendayagunaan masyarakat desa dan potensi lokal, Badan Usaha Milik Desa Panggungharjo Kabupaten Bantul, Yogyakarta, berhasil menarik perhatian Komisi II DPRD Tabalong, untuk berkunjung. Kunjungan ke Desa Panggungharjo tersebut, untuk mengetahui sistem yang diterapkan pemerintahan desa dalam mengelola Bumdes.

Kedatangan Komisi II DPRD Tabalong ke desa Panggungharjo ini, untuk mengetahui strategi yang diterapkan pemerintahan desa, untuk pengembangan badan usaha milik desa, sehingga bisa berpengaruh besar dalam pendapatan asli desa.

Desa Panggungharjo dipilih, karena pendapatan Bumdes Panggungharjo di tahun 2017 lalu, mencapai dua 2,1 milyar, dengan kontribusi ke pendapatan asli desa mencapai seratus juta lebih.

Lurah Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi menjelaskan, badan usaha milik desa di Panggungharjo berawal dari kejelian dalam melihat potensi desa. Yaitu dengan memanfaatkan potensi desa yang ada, dengan dikelola masyararakat desa yang berkompeten.

Ketua Komisi II DPRD Tabalong Aries Heryanto menjelaskan, untuk menindaklanjuti kunjungan ini, pihaknya akan membantu desa di Tabalong untuk menggali potensi desa, dengan memanfaatkan sumber daya desa yang ada.

Desa panggungharjo sendiri memiliki dua unit usaha yang bergerak dibidang jasa. Yaitu jasa pengelolaan lingkungan melalui pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga. Serta usaha jasa pengelolan pariwisata melalui kampung mataram.

Sedangkan hasil dari pendapatan asli desa dari bumdes ini, dimanfaatkan pemerintahan desa untuk menunjang kesehatan warga desa, terutama bagi ibu hamil, hingga melahirkan.(tvtabalong.com/Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: