Ini Yang Buat BPP Bintang Ara Menangi Lomba BPP Tingkat Kabupaten

TVTABALONG.COM – Keberhasilan pengembangan pohon kelapa salak di lahan seluas 0.2 hektar oleh Balai Penyuluh Pertanian kecamatan Bintang Ara, menjadi inovasi yang dilakukan BPP Bintang Ara.  Saat ini terdapat 45 pohon yang ada di lahan tersebut.

Berbeda dari pohon kelapa pada umumnya, kelapa salak yang dikembangkan BPP Bintang Ara memiliki ukuran pohon yang tidak tinggi dan buahnya yang lebat, memudahkan petani untuk memanennya tanpa harus memanjat.

Selain itu, BPP Bintang Ara pun mengembangkan inovasi yang menakjubkan, yaitu alat penyiraman otomatis yang perintah kerjanya hanya dengan di telpon. Dengan bermodalkan Rp 2,5 Juta dan alat sederhana, BPP ini berhasil mengembangkan inovasi untuk mempermudah petani dalam menyiram tanaman.

Inovasi dan kreativitas dalam pengembangan pertanian tersebut menjadi salah satu alasan alasan terpilihnya BPP Bintang Ara, untuk mewakili kabupaten Tabalong di tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

Koordinator  BPP Bintang Ara, Hermansyah mengatakan, kekompakan dalam membina kelompok tani menjadi modal penting untuk keberhasilan BPP selama ini. Dirinya juga menambahkan, dengan  menjuarai lomba BPP, diharapkan akan menjadi motivasi bagi  BPP lain untuk lebih kreatif dalam tekhnologi pertanian.

Kepala bidang pengolahan, pemasaran dan penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura provinsi Kalsel, yang juga merupakan tim penilai dari provinsi, Kusmaryono, mengatakan, BPP Bintang Ara tidak hanya tertib dari segi  administrasi, namun  pengembangan inovasi juga menjadi nilai lebih BPP Bintang Ara.

Sebagai informasi, pada tahun 2012 lalu, BPP Bintang Ara ini mendapatkan prestasi kedua mewakili Kalimantan Selatan dalam lomba BPP terbaik. Dalam waktu dekat, hasil penilaian BPP terbaik 2018 akan segera diumumkan oleh pihak provinsi.

(Muhammad Fauzi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: