Ini Dampak Buruk Konsumsi Air Yang Kandung Bakteri

TVTABALONG.COM – Dari sisi kesehatan, mengkonsumsi air yang mengandung bakteri, diatas ambang batas kesehatan, dapat menyebabkan diare. Sedangan diare mengakibatkan seseorang dehirasi serius, bahkan sampai menyebabkan komplikasi, yang bisa menghilangkan nyawa seseorang.

Sungai Tabalong menjadi sumber utama, untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat banyak. Sejumlah instalasi pengolahan air milik PDAM pun, mengandalkan sungai ini, sebagai bahan baku utamanya. Tak sedikit pula masyarakat yang menyedot langsung, air dari Sungai Tabalong untuk digunakan.

Baca Juga : Sejumlah Titik Aliran Sungai Tabalong Positif Tercemar E-Coli 

Sayangnya, di sejumlah titik Sungai Tabalong tercemar bakteri, akibat masyarakat, yang masih melakukan aktivitas buang air besar di sungai. Selain itu pembuang limbah rumah tangga ke sungai, juga berkontribusi mencemari sungai dengan bakteri.

Padahal mengkonsumsi air yang tercemar bakteri berbahaya bagi kesehatan. Karena dapat menyebabkan diare, disentri, dan penyakit pencernaan lainnya, yang dapat mengakibatkan komplikasi serius.

Baca Juga : Dampak Buruk Buang Air Besar di Sungai, Bisa Jadi Penyebab Penularan Penyakit 

Seperti yang dijelaskan kepala bidang kesehatan masyarakat, dr. Rapolo Manik, diare akibat tercemar bakteri, dapat menyebabkan seseorang dehidrasi berat, bahkan anak-anak sulit bertahan ketika mengalami dehidrasi berat.

dr. Rapolo pun mengimbau, agar masyarakat menjaga kualitas sumber air, terlebih yang digunakan untuk konsumsi. Agar terhindar dari penyakit pencernaan, yang membahayan kesehatan.(tvtabalong.com)

Normansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: