Ibu Sanah Sudah 6 Tahun Jadi Penjaga Makam K.H. Lukman Hakim

TVTABALONG.COM – Penjaga kubah makam KH Luqman Hakim diturunkan kepada  ahli waris yang merupakan cucu dari sang tokoh ulama. Sang kakek KH Luqman Hakim mengamanahkan sang cucu menjaga dan melestarikan ilmu agama yang telah dimahsyurkan.

Kubah makam KH Luqman Hakim, yang terletak di Desa Tantaringin Kecamatan Muara Harus ini merupakan salah satu wisata religi yang ada di wilayah selatan kabupaten Tabalong.

Sejak sang tokoh alim ulama wafat tahun 1992 silam, penjaga makam ini dimandatkan kepada ahli warisnya, yaitu anak laki-laki dari KH Luqman Hakim, yang kemudian ahli waris diturunkan kembali kepada sang anak, Faizahtulhasanah yakni cucu dari almarhum KH Luqman Hakim.

Ibu Sanah, sapaan akrabnya, mengaku sudah menjaga makam ini sejak tahun 2012 lalu, atau sekitar kurang lebih selama enam tahun. Sebelumnya makam ini telah dijaga oleh ayahnya, sebelum kini dimandatkan kepada Sanah.

Selain itu, Ia juga mengungkapkan, peziarah yang berkunjung ke kubah ini wajib mengenakan jilbab dan tidak boleh berbicara keras ataupun mengumbar pembicaraan yang tidak bermanfaat. Karena hal tersebut merupakan salah satu dari adab saat melakukan ziarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: