Harga Ayam Naik Fantastis

TVTABALONG.COM – Dua hari menjelang lebaran, harga daging ayam kampung melonjak drastis. Kenaikan bahkan mencapai Rp 17 ribu per kilogramnya. Di sisi lain ayam potong juga mengalami kenaikan, tetapi masih dalam batasan normal.

Menjelang lebaran, permintaan masyarakat akan kebutuhan pangan naik, terutama pada jenis daging-dadingan. Tingginya permintahaan akan daging, diiringi dengan harga yang turut naik.

Kenaikan drastis, terjadi pada harga ayam kampung. Kenaikan bahkan mencapai Rp 17 ribu perkilogramnya. Jika biasanya ayam kampung dijual sekitar Rp 37 hingga Rp 38 ribu perkilogram, saat ini harga ayam kampung mencapai Rp 55 ribu perkilogramnya.

Ayam potong juga mengalami kenaikan harga. Tetapi kenaikannya masih tergolong normal. Pedagang mengakui kenaikan harga dari peternak sebesar Rp 2 ribu perkilogram. Jika biasanya ayam potong dibeli seharga Rp 25 ribu perkilo, saat ini mejadi Rp27 ribu perkilonya. Sedangkan pedagang eceran pun menjual kembali dikisaran harga Rp 35 ribu per ekornya.

Menurut pedagang, kenaikan harga ayam potong terjadi karena peternak membatasi pasokan ayam pada pedagang. Hal ini disebabkan menipisnya pasokan ayam di tingkat peternak.

Menurut pedagang, lonjakan harga ayam tahun ini merupakan yang tertinggi sejak tiga tahun terakhir.

(Normansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: