Guru Honorer Keluhkan Persyaratan CPNS

TVTABALONG.COM – Lebih dari 100 orang guru honor serta guru non PNS di Tabalong, menyambangi kantor DPRD Tabalong, di Mabuun, kamis 21 September lalu. kedatangan mereka untuk meminta solusi, dari DPRD, Dinas Pendidikan, dan pihak terkait, tentang persyaratan pendaftaran calon pegawai negeri sipil.

Sejumlah persyaratan CPNS, menutup kesempatan para guru honor ini, untuk mendaftar, meskipun mereka telah bertahun tahun mengajar. Seperti batasan usia dari 18 higga 35 tahun, jenjang pendidikan, dan standar nilai untuk mendaftar maupun untuk lolos tes.

Salah seorang gunu honor, Masridah, mengatakan meski telah 17 tahun mengajar, sampai saai ini statusnya masih sebagai guru honor. Ia telah berupaya mengikuti ujian CPNS melalui jalur kategori II, K2, tetapi standar nilai yang ia dapat tidak mencukupi.

Ketua Komisi I DPRD Tabalong, Zainal Ilmi menuturkan, persyaratan merupakan kewenangan pemerintah pusat, di luar kemampuan pemerintah daerah. Di sisi lain pihaknya bersama pemerintah daerah, telah mengupayakan kesejahteraan guru honor sesuai kemampuan daerah.

Zainal pun merasa prihatin, atas aturan yang dibuat dari Kemenpan-RB terkait pembatasan umur agar bisa ikut tes CPNS. Pasalnya para guru yang datang ini, 95 persen sudah berumur lebih dari 35 tahun, dan tidak bisa mengikuti tes CPNS.

Syarif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: