Gapoktan Suka Maju Di Kecamatan Muara Uya Berhasil Kembangkan Jagung Hibrida

TVTABALONG.COM – Gabungan Kelompok Tani Suka Maju, Desa Simpung Layung Kecamatan Muara Uya, melakukan panen perdana jagung hibrida yang dibudidayakannya, pada Selasa 25 September  lalu. Budidaya jagung hibrida ditanam di lahan seluas 4 hektar.

Setiap 1 hektarnya ditanam 3.900 bibit, yang dapat menghasilkan 4 sampai 5 ton jagung, dengan kadar kekeringan jagung 20 persen. Per kilogram jagung dihargai 3 sampai 4 ribu rupiah. Dari hasil tersebut, jagung hibrida menjadi komoditas yang menjanjikan bagi petani.

Terbaru :

Budidaya jagung hibrida ini bekerjasama dengan Perumda Tabalong Jaya Persada. Dimana Perumda memberikan permodalan, melalui koperasi yang bertugas menyalurkan pinjaman.

Melihat potensinya, Direktur Utama Perumda Jaya Persada, berniat akan melanjutkan kerjasama usaha ini, di lahan yang lebih luas.

Bupati Tabalong yang menghadiri panen perdana ini, mengapresiasi keberhasilan para petani.

Menurutnya budidaya jagung hibrida dapat menjadi salah satu potensi Tabalong di bidang pertanian, terlebih untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia.

Jagung hibrida ini telah memiliki pangsa pasarnya sendiri. Saat ini perumda jaya persada telah menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan pakan ternak di pelaihari, untuk menyuplai jagung hibrida.

Muhammad Aditya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: