DPRD : Perbedaan Pembagian APBDes Bisa Timbulkan Kecemburuan

Perbedaan pembagian anggaran pendapatan dan belanja desa, APBDes yang bervariasi, berpotensi menimbulkan kecemburuan antar desa.   Hal ini disampaikan anggota DPRD saat rapat kerja bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa, selasa lalu.

Anggaran pendapatan dan belanja desa, APBDes tahun 2018 mencapai 193 milyar,  yang dibagi 121 desa, dengan jumlah yang diterima bervariasi.  Perbedaan dana desa sebabkan beberapa ketentuan yang telah diatur pemerintah pusat.

Tiap desa di Kabupaten Tabalong mendapatkan anggaran pendapatan dan belanja desa dari 1,3 milyar hingga 2,4 milyar rupiah. Dengan perbedaan ring pembagian APBDes 2018 yang cukup besar , berpotensi menimbulkan kecemburuan antar desa.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Tabalong, Arianto mengatakan, perbedaan pembagian APBDe stiap desa dikarenakan adanya beberapa indikator, seperti kepadatan penduduk dan letak geografis desa .

Sebagai informasi, untuk desa yang mendapat dana APBDes terkecil yakni Desa Mahe Seberang Kecamatan Tanjung, dan desa yang tertinggi yakni Desa Nalui Kecamatan Jaro. (tvtabalong.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: