DPRD Dorong Peningkatan Kepesertaan BPJS

TVTABALONG.COM – Target 2019, 95% masyarakat Tabalong memiliki jaminan kesehatan BPJS atau Universal Health Coverage, turut diamini Komisi I DPRD Tabalong. Pihak legislatif berjanji akan mendorong pelaksanaan instruksi presiden, tentang alokasi anggaran jaminan kesehatan dari pemerintah daerah.

Kepesertaan BPJS Kesehatan di Tabalong hingga kini masih 60,62%, dari sekitar 237 ribu jiwa penduduk Tabalong. Dan sekitar 93 ribu 4 ratus jiwa diantaranya, belum memiliki jaminan kesehatan melalui BPJS.

Dan berdasarkan program strategis nasional,  awal Januari 2019 ditargetkan kepesertaan BPJS bisa mencapai 95%, termasuk di kabupaten Tabalong. Untuk mendukung hal itu, wakil ketua satu DPRD Tabalong, Maksum Dahlan yang ditemui usai rapat bersama BPJS, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, senin pagi mengatakan, pihaknya berjanji akan mendorong pelaksanaan instruksi presiden nomor 8 tahun 2017 tersebut.

Bahkan Maksum berupaya meminta pemerintah daerah, mengalokasikan anggaran bagi seluruh penduduk Tabalong, untuk masuk dalam daftar penerima program JKN

Wakil ketua komisi yang menangani kesejahteraan rakyat ini, juga mendorong SKPD terkait, untuk mengoptimalkan bantuan sosial dari pemerintah pusat. Agar pembiayaan kesehatan masyarakat, tidak terlalu memberatkan APBD.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: