Pemeliharaan Jalan Lingkungan Perlu Anggaran Besar

TVTABALONG.COM – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Tabalong,  akui banyaknya jalan pemukiman yang belum tertangani, sehingga  banyak usulan perbaikan jalan lingkungan yang masuk. Peningkatan dan pemeliharaan jalan lingkungan sendiri akan dilakukan bertahap, sesuai dengan anggaran yang disetujui.

Di tahun 2018 ini, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Tabalong, menggarkan setidaknya Rp 22 milyar, untuk peningkatan jalan lingkungan, baik di perumahan yang dikembangkan developer, maupun di pedesaan.

Seperti yang dijelaskan kepala Disperkim, Syaiful Bakhri, angka ini diperkirakan masih belum mencukupi untuk meningkatkan jalan lingkungan di seluruh wilayah Tabalong. Terlebih, saat ini disperkim menerima banyak usulan perbaikan jalan lingkungan.

Meski belum memiliki data yang pasti, Syaiful memperkirakan, jalan lingkungan lebih panjang jika dibandingkan jalan kabupaten. Pada anggaran perubahan 2018 mendatang, Disperkim akan lakukan pendataan secara manual, seluruh kondisi dan panjang jalan pemukiman di Tabalong. Sehingga dapat memperkirakan pagu anggaran untuk dapat meningkatkan jalan lingkungan di Tabalong.

Jalan lingkungan sendiri, dulunya merupakan wewenang Dinas PUPR. Sejak berdiri satu tahun lalu, pemeliharaan dan peningkatan jalan lingkungan pun beralih ke Disperkim. Syaiful menjelaskan, dalam setahun terakhir, Disperkim telah memperbaiki setidaknya 5 kilometer jalan lingkungan. Perbaikan akan dilakukan secara bertahap, tergantung dari besaran anggaran yang disetujui.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: