Cegah Penyakit di Musim Pancaroba, Saran Dokter Ini Patut Dilakukan

TVTABALONG.COM – Perubahan cuaca yang tengah terjadi saat ini, meningkatkan potensi serangan penyakit pada masyarakat. Masyarakat pun dihimbau untuk selalu menjaga daya tahan tubuh, dengan mengkonsumsi makanan bergizi, dan istirahat cukup, agar tak mudah terserang penyakit.

Perubahan cuaca dalam seminggu terakhir ini, diperkirakan dapat meningkatkan potensi serangan penyakit, seperti influenza dan demam. Terutama saat kondisi daya tahan tubuh lemah.

Seperti yang dijelaskan dokter umum Puskesmas Mabuun, Rima Noor Indah, masyarakat harus memperhatikan keseimbangan daya tahan tubuh di musim pancaroba. Ia pun menyarankan masyarakat agar menjaga pola makan, dengan memperkaya konsumsi makanan yang bergizi, seperti buah-buahan dan sayuran. Serta memperbanyak konsumsi mineral dan vitamin.

Selain itu, Rima menambahkan mencukupi pola tidur dan olah raga teratur, juga menjadi salah satu faktor penting, dalam mempertahankan kekebalan daya tahan tubuh. Meski tren penyakit yang dikeluhkan dari kunjungan pasien periode juni 2018 ini, belum mengarah pada penyakit dari gejala perubahan cuaca tersebut, tetapi potensi penyebaran penyakit akibat pancaroba tetap ada.

Dari sejumlah tren kasus penyakit yang didapati di Puskesmas ini, hipertensi menduduki posisi pertama diperiode juni 2018, dengan jumlah 72 kasus. Disusul common cold 70 kasus, dan dispesia 69 kasus. Jika dibandingkan dengan tren penyakit tahun lalu, faringitis alias radang tenggorokan menjadi tren pertama, disusul hipertensi dan ispa.

(Purnamasari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: