BPPRD Gandeng Bank Kalsel Luncurkan Aplikasi Sistem Pendapatan Daerah, Ini Fungsinya

TVTABALONG.COM – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Tabalong, menggandeng Bank Kalsel untuk luncurkan aplikasi sistem pendapatan asli daerah. Selain untuk memudahkan wajib pajak, aplikasi ini juga dianggap dapat membantu mengoptimalkan pendapatan asli daerah.

Aplikasi pendapatan asli daerah, merupakan terobasan pemerintah untuk memudahkan wajib pajak dalam pembayaran pajak dan retribusi daerah. Melalui aplikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi mendatangi kantor BPPRD untuk membayar pajak atau retribusi, namun masyarakat sudah dapat membayar pajak dan retribusi, hanya dengan mengakses aplikasi online berbasis web tersebut.

Dengan kemudahan ini, diharapkan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi daerah dapat meningkat, sehingga berdampak pada optimalnya pendapatan asli daerah.

Sayangnya saat ini, pemerintah Kabupaten Tabalong belum sepenuhnya dapat menerapkan aplikasi ini, karena terkendala ketersediaan data, dari SKPD terkait. Saat ini  aplikasi pendapatan daerah, hanya mengcover pembayaran pajak bumi dan bangunan, serta pembayaran sewa kios pasar.

Sekretaris BPPRD Tabalong, Surawan menjelaskan, pembayaran pajak dan retribusi secara manual, masih belum efisien dalam mengumpulkan pendapatan asli daerah.

Surawan menambahkan, nantinya melalui aplikasi e-pad tersebut, semua data yang berkaitan dengan keuangan daerah, dapat terintegrasi langsung dengan Simda Keuangan, yang dikelola oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah. Sehingga potensi dan realisasi pendapatan asli daerah, dapat diakses secara akurat oleh pihak yang berkepentingan.

(Sherly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: