BPP Bintang Ara Ciptakan Alat Penyiraman Otomatis, Perintahnya Melalui Handphone

TVTABALONG.COM – Berawal dari melihat alat penyiram manual yang membutuhkan tenaga manusia pada acara hari pangan sedunia, Balai Penyuluh Pertanian Tabalong berhasil mengembangkan alat manual tersebut menjadi alat yang otomatis, sehingga tak perlu lagi menggunakan tenaga manusia dalam penggunaanya.

Hanya dengan modal sebesar Rp 2 juta 5 ratus ribu, balai penyuluh pertanian bintang ara berhasil menciptakan inovasi baru di dunia pertanian dengan metode jaringan seluler. Cukup dengan melakukan panggilan ke handphone yang sudah di pasang pada perangkat dinamo alat penyiram, maka alat ini akan secara otomatis menjalankan fungsinya, tanpa harus digerakkan secara manual.

Alat yang digunakan pun sangat sederhana, hanya dengan menggunakan handphone biasa, dan beberapa alat lainnya seperti, dioda, kartu seluler, travo, kipas angin, nozel, dan pipa paralon, para petani sudah dapat membuat alat penyiram secara otomatis.

Namun dari beberapa segi kemudahan, dan kesederhanaan bahan untuk membuat alat ini, ternyata mesin penyiram otomatis berbasis jaringan seluler, memiliki kekurangan dari segi koneksi. Alat hanya akan bekerja jika mendapatkan sinyal jaringan yang cukup, namun sebaliknya, jika alat sulit berada di tempat yang sulit akan sinyal jaringan, maka mesin penyiram ini tidak dapat difungsikan.

Sementara koordinator Balai Penyuluh Pertanian  Bintang Ara, Hermansyah mengungkapkan, dengan adanya inovasi ini, diharapkan dapat membantu para petani dalam melakukan aktivitas menyiram tanaman, sebab para petani dapat menghemat waktunya tanpa pergi ke lahan perkebun.

Rencananya alat ini akan segera dipatenkan oleh Balai Penyuluh Pertanian Bintang Ara, sehingga inovasi ini dapat dipasarkan kepada para petani, baik di wilayah kabupaten Tabalong, maupun wilayah kabupaten tetangga .

(muhammad fauzi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: