Berantas Hoax, Dinas Kominfo & Polres Tabalong Sosialisasi ke Pelajar Pengguna Media Sosial

Polres Tabalong bersama Dinas Kominfo dan Statistik Tabalong, menggelar focus grup discusion,  pencegahan berita hoax, bagi pengguna media sosial, lingkup pelajar di kecamatan Kelua.  Kegiatan yang dikemas dalam sosialisasi ini, selain bertujuan mencegah  berita  hoax, juga disampaikan cara cerdas  bermedia sosial.

KBO sat reskrim Polres Tabalong IPDA I Made Janaloka mengungkapkan, kegiatan ini sangat penting untuk mengatasi berita hoax dan bagaimana menggunakan media sosial sehingga  terhindar dari kejahatan di dunia maya.

Saat ini  media sosial,  sangat rentan terpengaruh isu sara,  berita hoax maupun ujaran kebencian lainnya. Untuk mencegah hal itu, Polri sudah membentuk tim satgas cyber dan satgas nusantara, untuk berpatroli di dunia maya, sehingga bila ada kejahatan di dunia maya cepat diketahui dan segera di tindak lanjuti, dan para pelaku diancam jeratan undang-undang informasi dan transaksi elektronik, dengan ancaman hukuman enam tahun penjara atau denda maksimal 1 milyar rupiah.

Kabid Pengelolaan Informasi Saluran dan Komunikasi Publik Diskominfo Tabalong, Gusti Judid Ihsan Permana menegaskan, pengguna media sosial harus cerdas dalam berinternet. Kecerdasan menggunakan internet bisa untuk memerangi berita hoax atau berita bohong yang makin memprihatinkan.

Gusti Judid juga menambahkan, penyebaran berita hoax di internet sudah dalam tahap meprihatinkan, ia berpesan kepada para pelajar, agar dapat memilah dan memilih berita, ketika ingin membagikan di media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: