Home / Tabalong Hari Ini / Begini Pandangan Psikolog Soal Trauma Yang Dialami Anak Korban Pelecehan Seksual

Begini Pandangan Psikolog Soal Trauma Yang Dialami Anak Korban Pelecehan Seksual

TVTABALONG.COM – Kasus pelecehan seksual pada anak dibawah umur, terjadi beberapa kali di Tabalong. Hal tersebut seringkali meninggalkan trauma psikis pada korbannya. Trauma psikis membuat anak mengalami perubahan sikap. Seperti yang awalnya ceria menjadi murung, pendiam, dan tidak banyak bicara.

Perubahan sikap tersebut, merupakan pertanda anak masih dibayangi kejadian pasca pelecehan yang dialaminya. Jika dibiarkan berkelanjutan tanpa penanganan, trauma akan membawa pengaruh buruk pada kejiwaan anak.

Seperti yang dijelaskan seorang psikolog,  Saudah s.Psi, keluarga terdekat memiliki peran besar dalam kesembuhan traumatis yang dialami anak. Orang tua maupun orang terdekat, sebaiknya menghindari pertanyaan tentang kejadian yang dialami anak, untuk menghidari ingatan anak tentang kejadian buruk.

Orang tua menjadi pedamping pertama untuk memberi rasa aman terhadap anak. Hal ini guna mendukung dan memberikan perlindungan terhadap anak, sekaligus memastikan kondisi dan lingkungan anak aman, untuk kembali menumbuhkan kesehatan mental anak.

Saudah menambahkan, trauma anak bisa disembuhkan dengan cara dukungan dari orang-orang terdekat dan keluarga. Baik dukungan secara moril, sosial, dan spritual, agar anak kembali merasa diterima di kehidupan sosial.

Purnamasari

Check Also

Tabalong Jadi Tuan Rumah HUT BPR-BPRS ke-3 Nasional Tingkat Kalsel, Ini Alasannya

TVTABALONG.COM – Serangkaian kegiatan akan dilaksanakan pada peringatan Hari Jadi BPR-BPRS ke-3 Nasional tingkat Provinsi …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: