Begini Cara BPPRD Tabalong Percepat Validasi Piutang PBB P2

Guna mempercepat validasi piutang PBB P2, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah berikan pelatihan teknis bagi ketua RT, babinsa, dan perangkat desa.

TVTABALONG.COM – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Tabalong berikan pelatihan teknis, tata cara validasi data PBB P2 pada ketua RT, Babinsa, dan perangkat desa, pada 26 November tadi.

Pelatihan diberikan pada peserta yang berasal dari lima kecamatan, yaitu Kecamatan Muara Harus, Pugaan, Tanta, Tanjung, dan Upau.

Peserta pelatihan nantinya ditugaskan untuk membantu mempercepat validasi data PBB P2 di lapangan.  Sehingga validasi ditargetkan dapat selesai di minggu ketiga bulan Desember 2018.

Baca Juga : Erwan Optimis Pada Triwulan ke 4 Target Pendapatan Daerah Dapat Tercapai

Seperti yang dijelaskan Kepala Badan Retribusi Pajak dan Retribusi Daerah, Erwan Mardani, melalui pelatihan ini petugas validasi lapangan, diharapkan bisa memvalidasi secara tepat dan benar.

Sehingga bisa menekan selisih piutang PBB P2 yang mencapai Rp 18 miliar pada periode 2014 hingga 2017.

Kepala bidang PBB BPHTB BPPRD Tabalong Alipansyah mengatakan besarnya piutang PBB P2 disebabkan tidak validnya data wajib pajak. Sehingga validasi lapangan diperlukan untuk meminimalkan selisih jumlah piutang didata dan dilapangan.

Pelatihan teknis ini diikuti 311 rukun tetangga, 98 babinsa, dan 14 orang perangkat desa, dari 5 kecamatan. Mereka ditugaskan memvalidasi 23.303 objek wajib pajak, dari 5 kecamatan tersebut.

Jika wajib pajak tidak membayar PBB P2 2018 hingga 31 Desember ini, maka dipastikan wajib pajak dikenakan denda  2 persen dari objek wajib pajak PBB P2 yang dimiliki.

Penulis : Purnamasari | Editor : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: