Bapalas & Badudus, Ritual Membersihkan Kampung & Sucikan Diri Dari Agar Terhindar Dari Bencana

TVTABALONG.COM – Sudah menjadi tradisi, setiap bulan muharam, di tahun hijriyah, warga Desa Pasar Arba Kecamatan Banua Lawas, melakukan ritual mandi badudus, dengan maksud mensucikan diri. Mandi badudus ini terdiri dari beberapa proses, mulai dari membersihkan beda pusaka, bapalas, atau babarasih kampung, hingga ritual mandi badudus. Dalam proses bapalas, atau babarasih kampung, juru kunci ke tengah sungai dengan menggunakan rakit bambu, dengan membaya berbagai sesajen. Kemudian juru kunci menyelam kedalam sungai sambil membawa sesajen yang terdiri dari ketan kuning dan ketan putih ini. Lihat Video Lengkap : 
Pemberian sesajen yang dibawa ke dalam sungai ini, menurut kepercayaan warga diberikan kepada leluhur mereka. Pemberian sesajen pada leluhur ini, bertujuan untuk menolak bala atau babarasih kampung. Dengan ritual dan doa khusus, juru kunci mengambil air sungai, atau yang biasa disebut warga sebagai banyu hidup, yang nantinya digunakan untuk mandi. Dalam ritual ini juga disajikan 41 macam kue tradisional banjar. Kue ini sebagai salah satu syarat pelaksanaan ritual badudus. Saat acara usai, dibagikan kepada warga sekitar.
Jika bapalas adalah membersihkan kampung, maka badudus adalah membersihkan diri, atau mensucikan diri, saat tahun baru Islam. Mandi badudus menggunakan air sungai yang dicampur dengan bunga. Usai mandi badudus, Juriat yang memiliki garis keturunan dengan leluhur ini, bersama-sama menceburkan diri ke sungai. Proses ini adalah untuk menemui leluhur mereka, yang dipercaya dapat ditemui melalui media sungai.

Normansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: